Selasa, 27 Desember 2016

Kampung Mendawai


Pangkalan Bun adalah salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah yang sekarang sudah terkenal karena ada peristiwa jatuhnya pesawat air asia di daerah tersebut. berdasarkan dari informasi wikipedia dan juga cerita nenek saya bahwa Pangkalan Bun sebelumnya dikenal dengan nama Pangkalan Buun dan merupakan Pelabuhan (Pangkalan) yang berada ditepi sungai buun.
Pangkalan Bun merupakan bagian dari Kecamatan Arut Selatan dan aglomerasi dari beberapa wilayah kelurahan, terutama Kelurahan MendawaiRajaMendawai Seberang, dan Raja Seberang.

disini saya akan menceritakan kampung kelahiran saya, yaitu kelurahan mendawai atau bisa juga disebut kampung mendawai. kampung mendawai memiliki sungai yang cukup panjang yang tersambung dengan kabupaten lamandau. sungai arut merupakan tempat bagi warga sekitar sungai tersebut untuk berenang (hanangui), memancing (memisi), mencuci (betapukan), mandi (manduy). 

waktu kecil saya dan teman-teman suka berenang di sungai arut ini, meloncat dari kapal yang tinggi (kenangan yang tidak bisa saya lupakan), kalo sore kami juga suka memancing ikan lais, ikan baung, ikan saluang untuk lauk malam hari dan disayur dengan terong masam dan kembang tebu (ahhh,,....ini adalah masakan favorit saya sampai sekarang..:-)). 

di pangkalan bun ada kue khas yang hanya keluar pada saat bulan ramadhan yaitu kue bingka atau dalam bahasa kami adalah wadai bingka..hmm..kalo teman2 tau rasanya kue ini adalah kue yang terenak di daerah kami. hmmm...sebenarnya masih banyak yang ingin saya kasih tau di blog ini tentang kampung mendawai, kampung saya tercinta dan tempat kelahiran saya.. nanti di part II yah...


Ikan Asin
Ikan Lais, Ikan sungai khas pangkalan bun
Sungai Arut
Wadai Bingka
Jembatan Kampung Baru
Getek, Transportasi sungai
Sungai Arut








1 komentar:

  1. Foto-fotonya keren. Aku jumat kemarin sempat main-main ke situ. Baru tahu kalo namanya jadi Jembatan Kampung Baru. Thanx atas infonya.

    Kalo ada waktu, monggo mampir ke website ku bangyandi.com

    BalasHapus